Nama Alat Dapur dan Gambarnya Lengkap

Dapur merupakan tempat yang wajib ada di setiap rumah. Dapur bagaikan nyawa dari sebuah rumah karena dari dapurlah makanan dan minuman yang menunjang keberlangsungan keluarga berasal. Jenis-jenis peralatan dapur harus ada di dalam dapur untuk mengolah bahan mentah menjadi makanan dan minuman yang siap disantap oleh keluarga. Nama alat dapur dan gambarnya sangatlah beragam.
Nama Alat Dapur dan Gambarnya
foto : inspiracionrepostera.com
Nama Peralatan Dapur dan Fungsinya

Agar tidak bingung, di bawah ini ada nama peralatan dapur beserta fungsinya yang harus ada di dalam dapur.

    • Wajan
Perabot yang wajib ada di dalam setiap dapur adalah wajan. Wajan merupakan nama alat masak untuk menggoreng. Selain untuk menggoreng, wajan juga digunakan untuk menumis dan tempat untuk makanan yang sedang dimasak. Wajan sendiri terbuat dari besi atau logam yang anti karat. Nantinya wajan akan diletakkan di atas tungku atau kompor. Setidaknya miliki dua buah wajan yang dipergunakan untuk menggoreng dan menumis. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas wajan. Sudah ada banyak kasus yang mana permukaan wajan menjadi lengket karena digunakan untuk menggoreng dan menumis. Selain itu, dalam membeli wajan belilah wajan ukuran besar untuk mengantisipasi jika suatu hari nanti harus memasak dalam porsi yang besar.

    • Panci
Panci adalah nama alat alat dapur yang wajib ada di dalam dapur. Panci berfungsi untuk merebus air, merebus bahan makanan, membuat sup, dan keperluan lainnya. Dalam memilih panci, pilihlah panci yang terbuat dari logam anti karat yang cukup tebal. Hal ini dikarenakan panci digunakan untuk berbagai keperluan memasak serta panci akan sering berkontak dengan panas api. Jangan memilih panci yang terbuat dari logam anti karat yang terlalu tipis. Hal ini bisa menyebabkan bahan makanan akan menjadi gosong padahal belum matang serta rawan kebocoran karena terpapar panas api secara terus menerus. Sedangkan, panci yang terbuat dari logam anti karat yang terlalu tebal akan membuat proses pematangan bahan makanan menjadi lebih lama. Sehingga, pilihlah panci yang terbuat dari logam anti karat yang mudah digunakan serta bisa menghantarkan panas dengan merata.

    • Kompor
Wajan atau panci yang berkualitas tidak ada artinya jika tidak memiliki kompor. Kompor merupakan nama alat dapur dalam bahasa inggris dan artinya adalah stove. Kompor berfungsi sebagai media penghantar api untuk mematangkan bahan makanan. Kompor sekarang sudah tidak menggunakan bahan bakar minyak tanah. Kompor sekarang menggunakan gas elpiji sebagai bahan bakar sehingga mudah untuk digunakan serta tidak membuat jelaga pada dapur atau peralatan memasak. Kompor dengan bahan bakar gas terbagi menjadi dua jenis, yaitu kompor gas dengan model tungku dan kompor gas dengan model induksi yang tertanam di dalam pantry dapur. Pilihlah kompor gas dengan dua buah tungku agar proses pengolahan bahan makanan bisa lebih menghemat waktu.

    • Pisau
Pisau adalah salah satu nama dan gambar alat alat dapur yang fungsinya sangat penting di dapur. Pisau berfungsi untuk memotong atau mengupas bahan makanan. Di dalam dapur, setidaknya sediakan dua buah pisau. Pisau yang pertama adalah pisau berukuran kecil yang digunakan untuk mengupas buah atau sayur dan menguliti ikan atau daging. Sedangkan, pisau yang kedua adalah pisau yang berukuran sedang untuk mengupas, memotong, dan mencincang bahan makanan yang ukurannya besar serta teksturnya keras. Pisau harus dijaga ketajamannya agar mudah digunakan. Cara menjaga ketajaman pisau adalah dengan mengasahnya secara berkala pada batu.

    • Panci Presto
Banyak bahan makanan yang harus diolah dengan cara direbus, seperti daging, telur, sayur, dan lain-lain. Agar proses perebusan tidak memakan banyak waktu serta bahan makanan menjadi lunak maka gunakanlah panci presto daripada panci biasa. Panci presto merupakan alat-alat dapur beserta namanya yang terbuat dari logam baja anti karat. Panci presto dilengkapi dengan tutup yang juga terbuat dari logam baja anti karat yang kedap udara. Sehingga, tutup panci presto harus ditekan dengan kuat agar tidak ada udara yang masuk ke dalam panci tersebut. Panci presto adalah pilihan tepat untuk memasak bahan makanan yang membutuhkan waktu yang lama seperti daging atau ketupat. Bahan makanan yang dimasak dengan panci presto tidak hanya cepat matang, tetapi teksturnya juga lunak.

    • Talenan
Pisau dapur yang tajam tidak akan lengkap jika tidak ada pasangannya, yaitu talenan. Talenan berfungsi sebagai alas atau landasan yang digunakan ketika memotong dan mencincang bahan makanan. Talenan terbagi menjadi dua jenis, yaitu talenan plastik dan talenan kayu. Jika kedua jenis talenan tersebut dibandingkan, maka talenan yang baik digunakan di dapur adalah talenan kayu. Hal ini dikarenakan kuman dan bakteri tidak tahan hidup lama di dalam kayu. Sehingga, bahan makanan terjamin higienis dan bebas bakteri. Selain itu, talenan kayu memiliki permukaan yang berpori-pori yang berfungsi menyerap kelembaban bahan makanan yang akan dipotong atau dicincang. Sehingga, bahan makanan tetap kering.

Berdasarkan bentuk seratnya, talenan kayu terbagi menjadi dua jenis, yaitu talenan kayu dengan serat vertikal dan talenan kayu dengan serat horizontal. Talenan kayu dengan serat vertikal adalah talenan kayu yang direkomendasikan untuk digunakan di dapur. Talenan kayu dengan serat vertikal memiliki daya tahan yang kuat terhadap goresan mata pisau. Sehingga, kualitas talenan kayu selalu terjaga karena tidak ada bekas guratan pisau di permukaan talenan. Sedangkan bagi pisau, talenan kayu dengan serat vertikal menjaga ketajaman mata pisau. Sehingga, mata pisau tidak mudah tumpul.

    • Kukusan
Selain merebus dan menggoreng, aktivitas mengolah bahan makanan yang dapat dilakukan di dapur adalah mengukus. Oleh karena itu, kukusan masuk ke dalam daftar macam macam peralatan dapur beserta fungsinya yang wajib ada di dalam dapur. Kukusan atau panci steam umumnya terbuat dari logam. Bentuk dari kukusan sendiri tidak berbeda dengan panci biasa. Hanya saja kukusan terdiri menjadi tiga bagian. Bagian pertama dari kukusan adalah panci besar yang berfungsi sebagai tempat penampungan air yang akan diubah menjadi uap. Bagian kedua dari kukusan adalah panci dengan ukuran yang lebih kecil dari panci pertama. Panci kedua berfungsi sebagai tempat meletakkan bahan makanan. Panci kedua ini memiliki lubang di bagian tepi dan dasar yang berfungsi untuk mengalirkan uap dari air di bawahnya. Sedangkan, bagian ketiga dari kukusan adalah tutup panci yang terbuat dari kaca bening. Sehingga, bahan makanan yang sedang dikukus bisa diketahui sudah matang atau belum dengan mudah.

    • Wajan Teflon
Bahan makanan tidak hanya diolah dengan cara direbus, digoreng, dan dikukus, ada bahan makanan yang diolah dengan cara dipanggang seperti daging atau ikan. Sehingga, wajan teflon harus ada di dalam dapur. Wajan teflon sendiri merupakan wajan datar yang dilengkapi dengan anti lengket yang bisa digunakan untuk memanggang atau menumis.

1 comment for "Nama Alat Dapur dan Gambarnya Lengkap"