Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Mudah dan Praktis

Nyamuk merupakan musuh besar bagi manusia baik anak-anak hingga orang tua. Hal ini terjadi karena nyamuk merupakan hewan pembawa berbagai macam penyakit berbahaya. Bahkan setiap jenis nyamuk membawa penyakit yang berbeda-beda. Misalnya penyakit malaria yang dibawa oleh nyamuk anopeles, penyakit demam berdarah dan chikungunya yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti atau aedes albopictus, penyakit kaki gajah atau filariasis yang dibawa oleh nyamuk aedes armygeres, nyamuk culex, nyamuk mansonia, atau nyamuk anopeles. Ragam penyakit yang disebabkan oleh nyamuk tersebut bahkan bisa berdampak terhadap kematian. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi penyakit berbahaya yang dibawa oleh nyamuk tersebut, berbagai cara mengusir nyamuk secara alami pun dilakukan agar lebih aman untuk kesehatan manusia.
Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami
foto: flickr.com

Cara Mengusir Nyamuk Alami

  1. Bawang Putih
Untuk mengatasi serangan nyamuk, ada beberapa cara membuat obat nyamuk sederhana yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih yang merupakan bumbu dapur selain dapat digunakan sebagai bumbu masakan ternyata juga dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk. Hal ini terjadi karena nyamuk tidak suka dengan bau bawang putih. Cara mengusir nyamuk dengan bawang putih sangat mudah. Anda bisa mengoleskan minyak bawang putih yang dicampur dengan petroleum jelly ke bagian tubuh yang terekspos. Mengunakan minyak bawang putih tersebut merupakan cara membuat lotion nyamuk alami. Selain itu,Anda juga bisa mengkonsumsi bawang putih, sehingga nyamuk tidak akan mau dekat-dekat dengan Anda.

  2. Obat Nyamuk Bakar Alami
Selain membuat lotion dari bawang putih, cara mengusir nyamuk secara alami lainnya yang dapat dilakukan adalah membuat obat nyamuk bakar alami. Cara membuat obat nyamuk bakar alami ini juga sangat mudah dilakukan dan tentunya memerlukan biaya yang lebih hemat dibandingkan membeli obat nyamuk bakar penuh bahan kimia seperti yang dijual dipasaran. Untuk itu, Anda hanya perlu menyiapkan tepung penolak serangga, daun sembung, kalium chloraat supaya obat nyamuk nyala lebih lama, solutiogummi arabicum. Cara membuatnya tinggal mencampurkan semua bahan menjadi satu sambil diaduk hingga adonan obat nyamuk mengental. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam cetakan dan jemur hingga kering. Setelah kering, obat nyamuk bisa dilepas dari cetakannya dan bisa langsung digunakan.

  3. Semprotan Nyamuk
Upaya pembasmian nyamuk tidah hanya bisa dilakukan dengan obat nyamuk bakar saja, tetapi juga bisa dengan cara membuat semprotan nyamuk sederhana. Bahan yang diperlukan juga sangat mudah didapat seperti daun serai. Pertama-tama iris tipis-tipis batang saun serai, lalu jemur atau di oven hingga kering. Setelah kering, rendam dengan air yang sedikit selama 24 jam. Hasil rendaman tersebut bisa diambil sarinya dan kemudian dibuang ampasnya. Encerkan sebagian sari daun serai tersebut dengan air, kemudian tambahkan air dengan perbandingan 1 banding 4. Cara membuat obat nyamuk semprot sendiri ini sebenarnya juga merupakan cara mengusir nyamuk dengan sereh.

  4. Obat Nyamuk Cair Elektrik
Mengusir nyamuk tidak terbatas dengan cara membuat obat nyamuk dari serai saja, tetapi masih banyak cara lainnya, misalnya dengan membuat obat nyamuk cair elektrik. Obat nyamuk cair elektrik dipercaya lebih aman digunakan daripada obat nyamuk bakar. Karena tidak menimbulkan polusi udara dan merusak sistem pernapasan. Cara membuat obat nyamuk cair elektrik sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyiapkan minyak lavernder, ragi secukupnya, dan sedikit air dengan penggunaan air 10 persen dari minyak lavender yang akan digunakan sesuai takaran botol obat nyamuk cair elektrik. Setelah itu, campurkan semua bahan menjadi satu sambil diaduk hingga rata. Jika ragi sudah larut, masukkan cairan tersebut ke dalam botol obat nyamuk cair elektrik. Dengan begitu, rumah Anda akan bebas dari serangan nyamuk.

  5. Ragi
Beberapa dari Anda pasti ada yang bingung kenapa membuat obat nyamuk cair elektrik alami tersebut menggunakan ragi seperti yang telah dijelaskan di atas. Ragi ternyata memiliki kandungan senyawa yang dapat menghasilkan karbon dioksida yang sangat disukai oleh nyamuk. Oleh sebab itu, ragi bisa dijadikan sebagai perangkap untuk perhatian nyamuk. Anda tinggak melarutkan gula merah dan ragi, kemudian menaruhnya di dalam botol perangkap yang dibuat khusus kemudian diletakkan di sudut ruangan Anda sebagai cara mengusir nyamuk dengan menggunakan ragi. Setelah itu, nyamuk akan masuk kedalam perangkap yang Anda buat. Cara mengusir nyamuk secara alami ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan cara lainnya. Oleh sebab itu lebih aman untuk kesehatan Anda dan keluarga.

  6. Kapur Barus
Jika Anda tidak memiliki bahan-bahan alami pengusir nyamuk seperti lavender, sereh, atau bawang putih dan sebagainya, Anda juga patut mencoba cara mengusir nyamuk dengan kapur barus. Kapur barus yang selama ini Anda tahu hanya bisa digunakan sebagai pengharum lemari pakaian atau kamar mandi, dan melindungi pakaian di lemari dari serangan rayap, ternyata ga memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk. Kapur barus ini juga sangat banyak penjualnya, sehingga sangat mudah dijumpai. Cara penggunaannya untuk mengusir nyamuk juga sangat mudah, yaitu dengan haluskan beberapa kapur barus dan kemudian masukkan ke dalam segelas air. Setelah itu, letakkan di bawah kolong temoat tidur. Dengan begitu, nyamuk tidak akan mau datang. Menggunakan kapur barus sebagai obat nyamuk ini juga bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan nyamuk di kosan.

Cara Mengusir Nyamuk dengan HP

Tetapi untuk mengusir nyamuk musuh utama Anda, ada cara yang lebih praktis dan dijamin ampuh yaitu dengan cara mengusir nyamuk dengan hp. Cara mengusir nyamuk yang satu ini pastinya akan membuat Anda bingung dan merasa bahwa itu merupakan hal yang tidak mungkin. Namun nyatanya cara ini sangat ampuh dan tidak merepotkan Anda terutama anak kos untuk mengusir nyamuk dari ruangan Anda. Tetapi jenis handphone yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk ini adalah jenis smartphone karena menggunakan aplikasi tertentu. Untuk itu, Anda tinggal cari saja aplikasi pengusir nyamuk di playstore. Setelah aplikasi di download, selanjutnya Anda sudah bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut untuk mengusir nyamuk. Sistem kerja aplikasi pengusir nyamuk ini menggunakan gelombang suara yang dapat mengusir nyamuk.

Nyamuk yang membawa beraneka macam jenis penyakit yang berbahaya tidak muncul dengan sendirinya. Rumah dan lingkungan yang jorok, pengap, baju kotor yang menumpuk, sampah yang banyak, hingga banyaknya air yang menggenang merupakan menjadi sumber berkembang biaknya nyamuk dengan penyakit yang berbahaya tersebut. Jika sarang dan tempat berkembang biaknya nyamuk tidak dibenahi, maka apapun cara mengusir nyamuk secara alami yang dilakukan akan sia-sia saja. Untuk itu, sebaiknya mulailah menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Selain menjaga lingkungan agar tetap bersih, obat nyamuk yang paling ampuh untuk menangkal nyamuk adalah menanam tanaman-tanaman pengusir nyamuk. Ada sebanyak 11 tanaman untuk mengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di rumah dan menghiasi pekarangan rumah Anda, yaitu tanaman bunga lavender, tanaman rosemary, tanaman serai wangi, bunga kecombrang, akar wangi, tanaman selasih, lidah buaya, marigold, bunga zodia, bunga geranium, dan tanaman mitrosa of lady diana. Semua jenis tanaman tersebut sangat indah jika ditanam di pekarangan rumah. Selain itu, beberapa tanaman juga bisa Anda gunakan sebagai bumbu masakan seperti bunga kecombrang, serai dan rosemary. Oleh sebab itu, dengan menanam tanaman pengusir nyamuk, pekarangan rumah Anda akan lebih bermanfaat dan indah dipandang. Anda pun akan menjadi lebih sehat karena udara lebih segar dan rumah menjadi bebas nyamuk.

Post a Comment for "Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami Mudah dan Praktis"