Cara Membasmi Rayap yang Merusak Perabot Rumah

Rayap merupakan jenis serangga yang bersarang dan memakan kayu, termasuk kayu berbagai bentuk perabotan rumah hingga kerangka rumah. Kayu yang menjadi sarang rayap dan dimakan rayap akan menjadi lebih rapuh karena terkikis sedikit demi sedikit. Akibatnya perabot rumah mulai dari lemari, kursi, meja, rak, maupun tiang dan kerangka rumah akan mudah rusak meskipun usia perabot rumah tersebut belum cukup tua. Jika perabot rumah rusak, maka Anda terpaksa harus menambah biaya pembelian perabot yang baru. Oleh sebab itu, rayap menjadi musuh manusia karena dapat merugikan secara ekonomi. Untuk itu, Anda perlu melakukan berbagai macam cara membasmi rayap yang ampuh supaya rayap tersebut tidak menyerang perabot rumah Anda.
Cara Membasmi Rayap yang Merusak Perabot Rumah
foto : hargadepo.com

Penyebab dan Cara Membasmi Rayap

Sebenarnya rayap yang menyerang perabot rumah itu dipicu oleh beberapa hal. Penyebab rayap masuk rumah antara lain:
   • Rumah Anda memilii gudang yang menyimpan beraneka macam perabot yang menjadi favorit rayap. Sehingga rayap, bahkan semut, tikus dan kecoa akan bersarang di gudang tersebut.
   • Membeli furnitur dengan pilihan kayu yang kurang berkualitas akan dapat menarik perhatian rayap untuk menyeranh furnitur tersebut. Oleh sebab itu, pilihlah kayu yang berkualitas seperti kayu jati, dan sebagainya yang lebih keras dan padat.
   • Hindari penggunaan perabot dari kayu jika untuk diletakkan di tempat yang lembab. Tempat yang lembab sangat disukai lembab karena tekstur kayu lebih lembut.
   • Cahaya matahari yang masuk ke rumah kurang optimal. Rayap sangat tidak suka dengan cahaya matahari. Oleh sebab itu, jika cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah kurang optimal, maka rayap akan semakin senang.
   • Memberi jarak yang terlalu sempit antara lemari atau rak dengan tembok. Jarang yang terlalu sempit akan membuat Anda susah membersihkan bagian tersebut. Akibatnya rayap akan membuat sarang di sela-sela ruang tersebut.

Bagi Anda yang sudah merasa gerah dengan serangan rayap dan bingung menggunakan cara apa lagi yang lebih ampuh setelah membasmi rayap dengan kapur barus kurang begitu ampuh, maka Anda perlu mencoba cara alternatif lain. Cara membasmi rayap lainnya yaitu dengan asam borat. Nama asam borat mungkin masih cukup asing bagi Anda sebagai bahan pembasmi rayap. Namun sebenarnya asam borat ini meruoakan cairan utama yang digunakan sebagai pembasmi rayap yang paling ampuh. Anda bisa membeli cairan ini di toko kimia, kemudian melarutkannya kedalam air dan di taruh di dalam semprotan. Setelah itu, cairan asam borat sudah langsung bisa disemprotkan di sarang rayap seperti lemari. Dengan begitu menggunakan semprotan adam borat ini menjadi cara praktis mengusir rayap.

Di samping menggunakan semprotan asam borat, ada cara membasmi rayap lainnya yang pastinya lebih mudah dan sangat hemat biaya, yaitu menggunakan garam. Tidak disangka ternyata garam dapur yang selama ini hanya dikenal sebagai bumbu masakan juga bisa digunakan untuk membasmi rayap di lemari ataupun di mana saja. Cara membasmi rayap dilemari menggunakan garam sangat mudah, Anda tinggal melarutkan garam tersebut ke dengan air, lalu masukkan ke dalam botol semprotan. Setelah itu, larutan garam bisal langsung disemprotkan di lemari agar lemari tidak dimakan rayap. Dijamin setelah itu rayam akan tidak berdaya dan lama kelamaan akan mati. Jangan biarkan sampai rayam masuk ke lemari Anda apalagi lemari pakaian. Karena rayap juga bisa merusak pakaian.

Membasmi rayap menggunakan semprotan larutan garam juga bisa dilakukan untuk membasmi rayap di bagian perabot lainnya yang terbuat dari kayu, misalnya kusen pintu, plafon rumah, dan sebagainya. Larutan air garam yang disemprotkan langsung ke rayap atau ke sarangnya akan membuat rayap mati. Namun jika Anda ingin mencoba cara lainnya selain menggunakan larutan garam, maka Anda patut mencoba cara membasmi rayap dengan menggunakan air rendaman tembakau. Tembakau yang biasa digunakan sebagai bahan utama pembuat rokok juga bisa dijadikan sebagai pembasmi rayap di perabot rumah terutama dikusen pintu. Anda dapat menggunakan air rendaman tembakau sebagai cara mengatasi rayap di kusen pintu. Air rendaman tembakau tersebut dipakai dengan cara disemprotkan langsung ke sarang rayap atau di  kerumunan rayap. Setelah itu, semua rayap yang tersemprot akan mati tak bersisa. Menyemprotkan cairan tembakau juga banyak dilakukan oleh petani sebagai cara membasmi rayap pada tanaman. Sehingga selain bersih dari rayap, tanaman juga menjadi lebih subur disiram air tembakau.

Jika di kusen rumah Anda masih banyak terdapat rayap yang berkembang biak, Anda harus mencoba kapur sirih untuk membasmi dan menghalaunya membuat sarang lagi di perabot rumah Anda terutama kusen. Gunakanlah cairan kapur sirih untuk membasmi si perusak perabot rumah Anda yang disebut rayap. Anda hanya perlu mencampurkan kapur sirih dengan air secukupnya, lalu menyemprotkan cairan tersebut pada sarang rayap. Cara membasmi rayap pada kusen ini sangat ampuh praktis, Anda bisa menyemprotkan cairan kapur sirih ke bagian lainnya pada perabot tersebut untuk menghalau rayap bersarang kembali.

Ada banyak kasus rayap yang bersarang di plafon rumah dan meresahkan si pemilik rumah. Tentu saja serangan rayap di plafon rumah sangat meresahkan. Apalagi serpihan kotoran rayap yang berbentuk seperti butiran serpihan kayu tersebut akan berjatuhan dan bisa mengotori rumah dan plafonpun menjadi rapuh. Oleh sebab itu, sebaiknya segera lakukan cara membasmi rayap di plafon rumah sebelum rayap membuat sarang yang besar dan menghabiskan plafon Anda. Untuk itu, Anda bisa membuat suhu rumah Anda menjadi lebih dingin menggunakan AC atau semacamnya. Buat suhu AC serendah mungkin, dengan begitu rayap yang ada di plafon bahka di ruangan yang dipasang AC akan segera mati.

Setelah dipasang AC dengan suhu yang sangat rendah, cara membasmi rayap di tembok maupun di bagian rumah lainnya akan lebih mudah. Karena lebih parahnya lagi, terkadang rayap tidak hanya menyerang plafon atau benda-benda yang terbuat dari kayu saja. Biasanya jika membuat sarang di bagian rumah yang keras seperti tembok, rayap akan membuat rumah dengan bentuk yang panjang seperti terowongan. Rayap-rayap yang membuat sarang di tembok tersebut berasal dari plafon atau lemari yang menempel di dinding.

Sementara itu, jika rayap yang menyerang rumah Anda sudah mulai membut sarang di lantai, maka cara menghikangkan rayap dilantai yang wajib Anda lakukan adalah membasmi dengan menggunakan kardus. Kardus memiliki kandungan selulosa yang sangat disukai rayap, artinya kardus tersebut dijadikan sebagai perangkap rayap. Cara melakukannya sangat mudah, Anda bisa menaruh kardus di dekat sarang rayap. Setelah itu, rayap yang menyukai selulosa akan tertarik untuk pindah ke kardus. Jika semua rayap telah berpindah ke kardus, Anda harus segera membuang kardus dan membakarnya supaya kawanan rayap tersebut mati dan tidak bisa berkembang biak lagi.

Itulah informasi mengenai cara membasmi rayap dengan cara alami menggunakan benda-benda yang ada di sekitar Anda. Jika rumah sudah bersih dari rayap, oerabor rumah tangga Anda akan menjadi lebih awet. Oleh sebab itu, yang terpenting adalah menjaga kebersihan rumah. Dengan begitu, rayap tidak akan datang ke rumah Anda.

Post a Comment for "Cara Membasmi Rayap yang Merusak Perabot Rumah"