Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit Agar Nyaman dan Terasa Luas

Memiliki rumah yang minimalis berarti juga harus lebih kreatif dalam menata dan menghias setiap rungan rumah yang pada dasarnya memiliki ukuran yang lebih sempit. Salah satu ruangan dalam rumah minimalis yang paling menjadi perhatian dalam penataannya yaitu kamar tidur. Kamar tidur merupakan tempat utama pada bagian rumah yang berguna untuk berbagai macam kegiatan terutama tidur. Dengan perntingnya penataan kamar tidur tersebut, berbagai cara menghias kamar tidur yang sempit pun dilakukan untuk mendapatkan kamar tidur idaman.

Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit
Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit
foto : decoist.com

Banyak orang yang memiliki ruangan kamar yang sempit merasa kesulitan untuk mendesain atau menata kamar tidurnya karena kamar tidak dapat menampung banyak perabot yang diperlukan di dalam kamar. Namun sebenarnya Anda yang memilki rumah minimalis dengan ukuran kamar tidur yang kecil tidak perlu khawatir lagi, karena ada cara menata kamar tidur yang kecil yang sangat mudah. Cara menata kamar tidur ukuran 3x3 atau kamar tidur yang sempit yaitu:
  • Gunakan furnitur yang fugsional. Kamar tidur yang sempit sebenarnya bisa diakali dengan mengguakan firnitur yang fungsional. Misalnya furnitur yang bisa dijadikan sebagai fungsi lemari, meja kerja atau meja belajar, dan tempat tidur. Berbagai macam fungsi furnitur tersebut adalah cara alternatif penataan kamar tidur sempit yang paling tepat. Anda bisa menyesuaikan penataan furnitur dengan luas ruangan.
  • cara menghias kamar tidur yang sempit berikutnya yaitu dengan cara mendekorasi kamar sendiri dengan desain vertikal. Jika memiliki ukuran kamar tidur yang sempit, usahakan menyisakan lebih banyak ruang kosong di bagian lantai agar ruangan tampak lebih luas. Jangan terlalu banyak menaruh perabot di lantai, untuk itu Anda bisa menata perabot kamar tidur secara vertikal atau meletakkan perabot di dinding.
  • Membuat ilusi ruangan agar tampak lebih luas. Ruang kamar tidur yang sempit juga dapat diakali dengan membuat ilusi seperti penambahan cermin yang lebar di dinding. Selain itu, ilusi visual juga bisa dilakukan dengan memilih furnitur yang berukuran lebih pendek horizontal untuk memberi kesan kamar terasa lebih tinggi. Anda juga bisa memasang tirai jendela lebih tinggi dari bingkai jendela dan memilih motif wallpaper dengan motif garis vertikal dengan masing-masing jarak garis yang sedikit lebar. Dengan begitu, ruang kamar tidur Anda akan terasa lebih tinggi dan luas. Cara ini juga bisa dijadikan sebagai cara menata kamar tidur ukuran 2x2.
  • Memberikan pencahayaan yang cukup. Kamar tidur yang sempit harus memiliki jendela secukupnya agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam kamar, membuat kamar lebih terang di siang hari tanpa perlu menyalakan lampu, sebagai sirkulasi udara supaya ruang kamar tidak terasa sumpek, dan tentunya untuk membuat ruangvkamar tidur terkesan lebih rapi dan luas. Jika cahaya matahari masuk ke dalam kamar, maka kamar tidur pun akan menjadi sehat dan terbebas dari penyakit. Oleh sebab itu, pemberian jendela di setiap kamar tidur adalah cara menghias kamar tidur yang sempit yang sangat penting jika kamar tidur Anda tidak terlalu luas, Anda bisa menggunakan cara menata kamar tidur ukuran 3x4 yaitu jendela yang memanjang vertikal supaya tidak menimbulkan kesan sempit dan membuat kamar terasa tinggi.
  • Mendekorasi kamar tidur yang sempit dengan tanaman hidup. Mendekorasi kamar tidur dengan tanaman hidup menjadi cara menata kamar tidur agar terlihat indah meskipun ukuran kamar tidur cukup sempit. Selain kamar menjadi lebih indah, memberikan dekorasi tanaman hidup di meja kamar atau di dekat jendela kamar akan membuat udara kamar yang sempit akan terasa lebih segar. Untuk itu, sebaiknya gunakan tanaman hidup yang berwarna hijau. Namun, karena ukuran kamar tidur tidak terlalu luas, jangan gunakan tanaman hidup yang terlalu besar agar ruangan tidak menjadi sempit. Selain itu, setidaknya 2 atau 3 hari sekali tanaman di dalam kamar tidur harus dikeluarkan dan disiram air supaya tetap segar dan tidak mati.

Itulah beberapa cara menghias kamar tidur yang sempit yang bisa Anda coba. Apabila Anda memiliki kamar tidur untuk anak perempuan yang juga berukuran sempit, Anda tidak perlu khawatir. Karena ada cara menata kamar tidur anak perempuan yang sangat mudah diaplikasikan di kamar tidur anak perempuan Anda. Cara yang pertama yaitu memilih warna yang identik dengan warna-warna untuk anak perempuan, seperti merah muda, ungu, kuning, dan peach. Anda juga bisa mengkombinasikan dekorasi dinding kamar anak perempuan Anda dengan walpapper dengan motif dan warna yang juga identik dengan anak perempuan. Padu padankan warna wallpapaer dengan warna cat dinding kamar tersebut.

Tips Dekorasi Kamar dengan Barang Bekas

Selain itu, mendekorasi kamar anak perempuan Anda juga bisa menggunakan barang bekas. Cara mendekorasi kamar dengan barang bekas misalnya membuat kursi ceper dengan menggunakan ban bekas. Benda yang dibutuhkan untuk membuat kursi ceper dari ban bekas tersebut hanya ban bekas mobil yang telah dicuci, tripleks dengan diameter yang disesuaikan dengan diameter ban, lem kayu, dan tali rotan. Untuk membuatnya, Anda tingga memasangkan tripleks pada ban bekas dan rekatkan dengan paku kecil. Setelah itu olesi lem bagian poros tripleks hingga seluruh permukaan ban. Setelah itu, tempelkan tali rotan dengan cara melingkar dimulai dari poros tripleks hingga bagian bawah permukaan ban. Setelah itu, barulah ban yang sudah dibalut dengan tali rotan dicat dengan cat minyak sesuai dengan warna yang diinginkan. Biarkan hingga cat kering, dan kursi ceperpun bisa menghiasi kamar anak perempuan Anda dan digunakan sebagai kursi belajar.

Sementara itu, jika Anda ingin memanfaatkan gudang di rumah Anda dan dijadikan sebagai kamar tidur, Anda bisa mencoba mendesain kamar tidur dengan lebih bebas, karena gudang pada umumnya tidak memiliki jendela sehingga peletakan furnitur kamar menjadi lebih bebas. Meskipun tidak memiliki jendela, kamar tidur tetap akan terasa nyaman dengan penataan dan desain yang tepat. Untuk melakukan desain kamar tidur sempit tanpa jendela, yang pertams Anda bisa memilih furnitur kamar dan cat dinding dengan warna yang cerah, supaya ruang kamar tidur tidak terkesan suram dan gelap. Selain itu, supaya suasana kamar tidur tetap segar, Anda bisa menambahkan lukisan atau pajangan gambar tanaman atau pemandangan yang indah. Sehingga kamar terkesan seperti memiliki jendela. Jangan lupa memberi pencahayaan lampu yang cukup supaya kamar tidur tidak gelap. Anda bisa menambah dekorasi berupa tanaman asli yang berukuran kecil dan diletakkan di rak atau di atas meja supaya udara di kamar tetap segar.

Cara menghias kamar tidur yang sempit sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi saat ini semakin banyak kreasi desain kamar tidur sempit yang bisa dijadikan sebagai referensi. Kamar tidur yang sempit akan tetap terasa nyaman jika ditata dengan rapi dan benar. Oleh sebab itu, jangan takut untuk mendesain kamar tidur yang sempit sesuai dengan kamar tidur yang Anda inginkan supaya apapun aktivitas Anda di kamar menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

2 comments for "Cara Menghias Kamar Tidur yang Sempit Agar Nyaman dan Terasa Luas"