Kabinet Dapur IKEA untuk Dapur Minimalis

Salah satu bagian rumah minimalis yang menjadi perhatian utama untuk ditata seoptimal mungkin adalah dapur. Daput menjadi salah satu bagian rumah yang vital karena digunakan sebagai tempat memasak, meletakkan bahan makanan, dan tempat meletakkan peralatan masak dan makan, bahkan juga sebagai tempat untuk makan. Oleh sebab itu, penataan dapur seoptimal mungkin sangat penting untuk menjadikan dapur menjadi lebih fungsional. Untuk itu, kabinet dapur IKEA dapat menjadi solusi dapur minimalis Anda.

Konsep Dapur Minimalis IKEA

Untuk menyiasati penataan dapur rumah yang minimalis dan tentunya berukuran lebih kecil, penggunaan kabinet dapur IKEA sangat tepat karena IKEA memiliki kabinet dapur dasar dengan desain modern san ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran dapur minimalis, misalnya kabinet dapur dasar Knoxhult 120 cm dengan pintu dan laci. Jenis kabinet yang satu ini sangat serbaguna karena memiliki banyak rak di dalamnya yang bisa digunakan untuk menaruh peralatan makan atau masak. Sementara itu, di bagian atas kabinet bisa diletakkan kompor, buah-buahan, atau makanan yang telah dimasak tergantung kebutuhan Anda. Peletakan kabinet dasar tersebut juga bisa diletakkan di sudut dapur karena kabinet tersebut merupakan kabinet dapur IKEA pasang sendiri.
Kabinet Dapur IKEA untuk Dapur Minimalis
foto : designyourinteriors.com

Selain menggunakan kabinet dapur dasar, supaya dapur minimalis tampak lebih rapi, Anda juga bisa meletakkan kabinet dinding dengan pintu ukuran 80x75 cm. Kabinet dapur dinding ini termasuk perabot IKEA murah, karena harganya hanya 950 ribu rupiah saja. Padahal fungsinya sangat luas, misalnya untuk menyimpan bahan makanan gelas dan peralatan makan. Selain itu, dengan penggunaan kabinet dapur IKEA yang satu ini, pemanfaatan ruang dapur yang sempit menjadi lebih optimal.

Cara lain untuk menata dapur minimalis dengan pemanfaatan ruang yang optimal adalah dengan cara buat kabinet dapur sendiri yang berbentuk rak. Rak dinding menjadi pilihan alternatif penataan peralatan memasak yang lebih efektif karena tidak membuat dapur terkesan lebih sempit dibandingkan dengan menggunakan kabinet dapur dinding. Cukup dengan 2 tingkat rak dinding beserta gantungan saja, banyak benda yang bisa ditata dan diletakkan di sana seperti panci, piring, mangkok, sendok, cangkir, hingga berbagai jenis pisau. Penataan perlengkapan dapur yang apik akan membuat rak dinding dapur minimalis menjadi tampak lebih menarik perhatian dan terkesan modern.

Jika Anda ingin membuat rak dapur sendiri sesuai dengan desain rak yang diinginkan, Anda bisa mencari berbagai referensi rak dapur diy, misalnya dari gambar kabinet dapur IKEA. Untuk membuat rak dapur sendiri, bahan yang diperlukan adalah papan, rangkai besi, sekrup, dan paku kecil. Sementara itu, alat yang diperlukan yaitu meteran, gergaji kayu, palu, bor, dan amplas. Cara membuat open shelving atau rak dinding terbuka yang pertama yaitu ukur lebar dinding yang akan dipasang rak. Kemudian potong papan yang telah disiapkan sesuai dengan ukuran rak yang inginkan. Setelah papan dipotong sesuai dengan ukuran rak yang diinginkan, amplas bagian kayu yang baru dipotong tersebut supaya halus.

Langkah membuat rak dapur selanjutnya yaitu pasangkan rangkai besi pada papan yang telah dipotong di kedua bagian pangkal papan atau pasang rangkai besi pada papan hingga membentuk E. Pasangkan paku kecil pada lubang yang terdapat pada rangkai besi supaya rangkai besi dan papan bisa menyatu. Jika rangkai besi dan papan sudah terpasang, lakukan cara ini untuk membuat beberapa rak yang sama sesuai dengan kebutuhan dapur Anda. Untuk mempercantik tampilan rak dinding daphr minimalis, Anda bisa membubuhkan cat dengan warna yang Anda suka pada rak tersebut. Setelah cat kering, barulah tempelkan rak di dinding dengan mengebor bagian rangkai besi yang bolong untuk memasang sekrup. Dengan begitu diy kabinet dapur sendiri akan sesuai dengan kabinet dapur yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang cepat merasa bosan, mungkin merubah beberapa peletakan interior di dapur yang minimalis adalah cara yang paking tepat. Karena dengan membawa perubahan peletakan benda-benda interior, suasana ruangan dapur Anda menjadi lebih berbeda dan menimbulkan suasana baru yang tidak membosankan. Untuk itu, diperlukan kabinet dapur mudah alih murah supaya peletakan kabinet menjadi lebih fleksibel dimanapun sesuai dengan yang Anda inginkan. Tidak perlu khawatir mengenai harga kabinet dapur mudah alih, karena harganya sangat terjangkau dan tidak lebih dari 2 juta rupiah saja.

Tips Menata Barang Dapur IKEA

Berikut ini ada beberapa tips menata dapur yang kecil agar terlihat lebih luas, rapi dan tentunya menarik dilengkapi dengan barang dapur IKEA.
  • Prioritaskan barang yang disimpan di dapur merupakan barang yang benar-benar diperlukan untuk memasak atau makan. Di setiap dapur pasti selalu ada barang yang selalu digunakan untuk memasak, dan barang yang hanya sekali-kali digunakan. Misalnya sendok, garpu, pisau, spatuka, piring, gelas, selalu digunakan sehari-hari. Oleh sebab itu, sebaiknya letakkan di kabinet dapur IKEA yang mudah dijangkau.
  • Merancang penataan dapur sedemikian rupa. Untuk dapur yang cenderung sempit, Anda bisa menyiasatinya dengan mendekorasi kabinet dapur IKEA menjadi bentuk L. Dekorasi dapur bentuk L tersebut akan membuat dapur Anda terasa lebih luas dan memudahkan Anda ketika sedang memasak bahkan jika digunakan untuk dua orang pun dapur tidak akan terasa terlalu sempit.
  • Memilih warna putih sebagai cat dinding dapur supaya dapur tampak lebih luas. Selain warna cat dinding, Anda juga perlu memilih warna perabot yang cerah seperti warna putih, termasuk piring atau gelas yang disusun dan dipajang di kabinet dapur. Dengan pemikihan warna putih tersebut, dapur tidak hanya teresan lebih luas, tetapi juga lebih rapi.
  • Pilih furnitur dapur yang minimalis. Untuk mengakali dapur yang sempit, maka pilih perabotan yang minimalis. Misalnya memilih kursi kabinet dapur IKEA yang terbuat dari bahan yang ringan dan mmiliki desain yang tinggi dan ramping. Anda juga bisa memilih lerabot dapur seperti kabinet dapur yang terbuat dari alumunium. Karena perabot dari alumunimun lebih awet, juga memberi kesan lebih luas. Selain itu, Anda juga bisa memilih kabinet yang juga tidak terlalu besar. Dengan begitu, dapur minimalis Anda tidak akan terlihat terlalu ramai.
  • Menggunakan rak dinding yang terbuka. Penggunaan rak dapur yang terbuka akan memberi ilusi agar ruangan tampak lebih luas. Selain itu, penataan rak terbuka yang tepat juga akan membuat dapur minimalis tampak lebih cantik. Anda dapat memiliki rak dinding terbuka untuk dapur dari produk dapur IKEA alam sutera. Meskipun belum teralu lama dibuka, factory outlet IKEA yang ada di Indonesia ini juga menjual produk yang sama dengan produk IKEA malaysia.

Itulah beberapa tips menata dapur yang kecil supaya terasa lebih luas dan pemanfaatan ruang dapur menjadi lebih optimal. Jangan lupa gunakan produk dapur IKEA, karena barang IKEA dan harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan berkualitas. Desain barang pun sangat modern dan inovatif. Dengan begitu, dapur minimalis Anda akan terlihat lebih indah dan terasa nyaman.

1 comment for "Kabinet Dapur IKEA untuk Dapur Minimalis"