Tips Memilih Taplak Meja Makan dan Taplak Meja Tamu Minimalis

Ada banyak kebutuhan rumah tangga yang sering dianggap remeh tetapi memiliki peran yang cukup besar. Berbagai detail kecil biasanya menambah cantik suatu rangan dan membuat ruangan menjadi lebih rapi. Berbagai tema desain ruangan dapat digarap dengan lebih sempurna jika menggunakan detail yang sesuai. Salah satu hal yang kerap terlupakan tetapi memiliki fungsi yang penting adalah taplak meja. Ada banyak jenis taplak meja yang dapat dipilih berdasarkan fungsinya. Untuk ruang tamu misalnya, taplak meja tamu minimalis akan menambah cantik ruang tamu Anda. Ada banyak pilihan taplak meja yang dapat Anda sesuaikan dengan berbagai jenis ruangan. Selain untuk mempercantik sebuah ruangan, taplak meja juga dapat menjalankan fungsi sebagai pelindung meja misalnya dari panas, debu, dan noda.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, taplak juga memiliki fungsi lain selain untuk membuat meja tampak cantik. Ada banyak taplak yang dapat digunakan untuk berbagai ruangan dengan pilihan yang berbeda pula. Taplak meja makan set dan taplak meja ruang tamu tentu akan berbeda. Dalam memilih taplak meja ruang tamu dan taplak meja untuk ruang lainnya, sangat penting untuk memilih berdasarkan tujuan utama penggunaan taplak tersebut. Berikut adalah ulasan mengenai pilihan taplak meja yang dapat digunakan untuk ruangan yang berbeda berdasarkan fungsinya dan tujuan penempatan taplak tersebut.

Taplak Meja Ruang Tamu
Taplak Meja Ruang Tamu Minimalis
foto : bukalapak.com

Taplak meja ruang tamu biasanya merupakan taplak meja yang memiliki fungsi utama untuk mempercantik ruangan. Hal ini membuat taplak meja tamu biasanya memiliki model dan bahan yang cantik untuk memperindah meja pada ruangan tersebut. Ada banyak pilihan taplak meja tamu unik yang dapat Anda pilih sesuai dengan desain ruang tamu Anda. Model taplak meja ruang tamu terbaru kerap dicari banyak orang untuk membuat tampilan meja tamu menjadi lebih cantik. Namun, dalam memilih taplak, menyesuaikan dengan meja tamu yang Anda miliki sebenarnya akan lebih baik dari pada hanya mengikuti tren. Hal ini karena tidak semua meja cocok dengan model taplak tertentu. Bagi Anda yang bingung dengan banyak pilihan taplak meja tamu, berikut adalah beberapa alternatif pilihan taplak meja yang dapat Anda gunakan sebagai taplak meja tamu yang cantik.

1. Model minimalis
Taplak meja ruang tamu minimalis kini menjadi tren dan banyak dicari. Hal ini karena taplak meja jenis ini biasanya cocok digunakan untuk banyak meja tamu yang ada. Model taplak meja minimalis ini dapat dengan mudah ditemukan pada berbagai toko dan swalayan. Modelnya biasanya hanya persegi, persegi panjang, atau lingkaran dengan satu warna saja. Warna yang digunakan adalah warna-warna lembut yang sedang tren saat ini seperti aneka warna nude, klasik, dan warna-warna pastel yang dapat Anda pilih sesuai dengan furnitur dan desain ruangan Anda. Jika Anda mencari warna yang aman, Anda dapat memilih warna putih sebagai pilihan warna taplak Anda. Bahan yang digunakan biasanya plastik yang dicap dengan pola menyerupai renda. Karena terbuat dari sejenis plastik, cara membersihkannya pun mudah.

2. Model renda atau bordir
Taplak meja tamu bordir mewah dan model renda dapat Anda jadikan alternatif taplak meja yang cantik. Bordir mewah kada memang membuat taplak menjadi tampak berat, namun, taplak ini dapat Anda jadikan salah satu detail dalam ruangan dan membuat ruangan terkesan lebih glamour walaupun barang-barang yang digunakan merupakan barang minimalis. Taplak renda biasanya akan memberikan kesan bersih dan klasik. Ruangan akan terasa lebih hangat dengan taplak renda. Bahan taplak renda dapat terbuat dari kain katun, atau wool.

3. Model anyaman
Bagi Anda yang ingin memberikan kesan ruangan yang natural, Anda dapat menjadikan taplak anyaman sebagai alternatif taplak meja ruang tamu Anda. Bahan taplak anyaman dapat terbuat dari bahan alami seperti akar atau serat tanaman, bambu, daun lontar, dan berbagai jenis daun lainnya. Taplak anyaman biasanya merupakan hasil karya kerajinan tangan sehingga kesan etnik  dan tradisional nya lebih terasa.

Taplak Meja Ruang Makan
 Taplak Meja Ruang Makan Minimalis
foto : bukalapak.com

Berbeda degan pilihan taplak meja untuk raung tamu, taplak meja ruang makan tidak hanya memiliki fungsi untuk mempercantik ruangan. Taplak meja makan juga berfungsi sebagai salah satu cara untuk melindungi meja dari panas dan noda yang disebabkan oleh makanan. Oleh karenanya, taplak meja ruang makan tidak hanya harus cantik tetapi juga harus memiliki sifat melindungi. Aneka pilihan taplak meja makan unik dapat dengan mudah Anda temukan di berbagai toko yang menjual berbagai jenis taplak. Kini tinggal Anda yang menentukan pilihan jenis taplak seperti apa yang Anda inginkan untuk taplak meja makan Anda.  Ada banyak model taplak meja makan terbaru yang dapat Anda pilih. Berikut adalah beberapa alternatif taplak meja makan yang dapat Anda jadikan pilihan.

1. Taplak meja plastik
Taplak meja makan plastik bening ataupun motif menjadi salah satu pilihan utama dalam memilih taplak meja untuk meja makan. Keunggulan dari taplak meja plastik adalah mudah dibersihkan saat terkena noda makanan dan minyak. Hanya perlu dilap dan taplak dapat kembali bersih seperti sediakala. Harga taplak meja makan plastik juga cukup terjangkau sehingga Anda dapat menggantinya jika Anda bosan atau taplak sudah kusam dan rusak. Apalagi tempat jual tapak meja plastik meteran dapat dengan mudah kita temukan. Hal ini tentunya akan memudahkan kita dalam memilih taplak meja plastik yang kita inginkan.

2. Taplak meja makan kain
Taplak meja makan kain juga dapat menjadi pilihan. Dengan menggunakan taplak meja makan kain, ruang makan Anda akan terkesan lebih bersih dan rapi. Ada banyak jenis kain dengan berbagai warna dan motif yang dapat Anda pilih dan Anda sesuaikan dengan furnitur serta desain ruangan yang Anda miliki. Taplak meja makan bordir juga dapat menjadi pilihan. Anda dapat membuat taplak meja bordir satu set dengan sarung galon, dan sarung rice cooker Anda agar ruang makan Anda menjadi semakin menarik.

Taplak Meja untuk Acara Khusus

Untuk acara khusus, Anda tentunya membutuhkan taplak meja khusus pula. Ada berbagai jenis taplak meja yang dapat Anda gunakan. Misalnya saja untuk acara resmi, taplak meja yang digunakan dapat berupa taplak meja dari kain yang menutup keseluruhan meja. Kain dapat dibentuk lipit agar tampak lebih resmi. Kain yang digunakan dapat kain polos, kain batik, atau jenis kain motif lainnya yang memberikan kesan rapi dan mewah.

Nah, itu tadi ulasan mengenai berbagai jenis taplak yang dapat digunakan baik untuk berbagai ruang di rumah Anda maupun untuk diletakkan di meja acara khusus. Pilih taplak yang sesuai dengan tujuan agar Anda mendapatkan suasana ruangan yang tepat dan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Semoga artikel ini membantu.

1 comment for "Tips Memilih Taplak Meja Makan dan Taplak Meja Tamu Minimalis"