Cara Membuat Meja Dapur Granit dan Merawatnya

Furnitur merupakan pelengkap sebuah ruangan. Tidak akan lengkap suatu ruangan tanpa kehadiran furnitur yang tepat. Berbeda furnitur yang ditempatkan dalam suatu rangan akan membuat fungsi ruangan yang berbeda pula. Kita dapat mengetahui fungsi ruangan dari furnitur yang ada di dalamnya. Kita akan tahu bahwa ruangan tersebut difungsikan sebagai kamar tidur jika di dalamnya terdapat furnitur berupa dipan lengkap dengan kasur misalnya. Kita akan mengetahui bahwa sebuah ruangan difungsikan sebagai dapur jika kita melihat kompor dan kitchen set di dalamnya. Bicara mengenai kitchen set, ada banyak jenis kitchen set yang dapat kita pilih untuk membuat dapur kita tampak lebih rapi. Salah satunya adalah dengan memasangkan granit pada meja dapur Anda. Cara membuat meja dapur granit dapat kita temukan di berbagai tutorial. Kita dapat mencoba memasangnya sendiri jika kita ingin membuat dapur kita serasa lebih spesial.
cara membuat meja dapur granit
foto : kaskus.id
Banyak orang takut membuat furnitur mereka sendiri karena sulit untuk membuat suatu barang sesuai dengan yang kita bayangkan. Memasang kitchen set misalnya. Kita mungkin lebih merasa nyaman jika memperkerjakan para ahli untuk memasangkannya. Cara memasang granit pada kitchen set sebenarnya dapat kita lakukan dengan lebih mudah jika kita mengetahui urutan dan hal yang perlu kita siapkan. Dalam ulasan kali ini, kita membahas mengenai cara memasang meja dapur granit sesuai dengan yang kita harapkan. Nah, tidak perlu panjang lebar lagi, berikut adalah beberapa cara memasang granit yang benar dan dapat dengan mudah Anda lakukan.

1. Pengukuran
Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memasang meja dapur granit putih maupun hitam adalah melakukan pengukuran. Pengukuran yang tepat sangat penting dilakukan agar kita dapat memasang meja dapur granit dengan tepat. Meja dapur yang dipasangi granit biasanya dibuat dari batu bata dan semen atau dapat dikatakan meja dapur permanen yang tidak dapat dipindah. Ada juga yang menggunakan seri kitchen set yang memudahkan. Pilih bentuk meja yang mudah. Misalnya saja bentuk persegi panjang. Dengan demikian, pemotongan granit pun akan lebih mudah dan dapat mengurangi resiko kesalahan.  Anda juga harus menentukan letak wastafel Anda dan menan dai letaknya agar kita dapat menyesuaikannya saat melakukan pemotongan granit. Hal ini karena daerah wastafel tentunya tidak akan tertutupi oleh granit bukan? Jangan lupa menentukan pinggul granit untuk disesuaikan dengan mata gerinda pinggul granit yang tepat.

2. Pasang tripleks terlebih dahulu
Sebelum memasang granit, kita perlu memasang tripleks terlebih dahulu. Fungsi dari tripleks adalah untuk menahan granit agar tidak lebih kuat. Potong tripleks sesuai dengan ukuran granit yang akan dipasang. Jangan lupa tAndai juga bagian yang tidak akan tertutup tripleks seperti bagian wastafel yang sudah dibahas tadi. Saat melakukan pemasangan tripleks, Anda bisa memperkuat tripleks dengan mengebor dan mengaitkannya dengan meja yang sudah dibuat. Hal ini untuk menghindari tripleks yang bergeser.

3. Wastafel
Setelah tripleks terpasang, kini saatnya memasang wastafel terlebih dahulu. Pasang wastafel di tempat yang sudah ditentukan. Hal ini akan mempermudah saat pemasangan granit karena berbagai hal lainnya sudah terpasang.

4. Memasang granit
Cara membuat kitchen set dari keramik granit yang terakhir adalah memasang lempengan granit yang sesuai dengan yang kita inginkan setelah dilakukan pengukuran dan pemotongan. Anda dapat memesan granit sesuai dengan ukuran dan desain yang sudah kita buat. Dengan demikian, kita dapat lebih mudah dalam memasang lempengan grant tersebut. Ada banyak tempat jual granit meja dapur murah yang dapat kita temukan. Hal ini akan membuat Anda semakin mudah memilih granit sesuai dengan yang diinginkan dengan pilihan harga yang ekonomis. Untuk menyatukan dengan lempengan tripleks, Anda dapat menggunakan lem silikon. Meja granit Anda akan terpasang sempurna setelahnya.

Nah, itu tadi ulasan mengenai cara memasang batu granit pada kitchen set milik Anda. Anda ternyata dapat melakukannya sendiri di rumah. Anda dapat merancang meja seperti apa yang Anda butuhkan pada ruangan dapur dan melakukan pengukuran. Batu granit dapat dipesan sesuai dengan ukuran dan sudah dipotong sesuai dengan rancangan yang diinginkan. Ada banyak macam batu granit yang dapat kita jadikan sebagai meja dapur. Meja yang paling populer adalah meja dapur granit hitam. Hal ini karena meja dapur granit jenis ini membuat ruangan tampak lebih glamour dan bersih. Selain granit hitam, ada juga granit putih yang tidak kalah menawan. Harga batu granit untuk kitchen set biasanya beragam sesuai dengan jenis dan ketebalan batu yang digunakan. Harga granit meja dapur per meter dipengaruhi oleh ketebalan dan kekuatan. Semakin tebal dan kuat harganya pun akan semakin mahal. Semakin halus dan mengkilap batu granit yang digunakan juga akan mempengaruhi harga dari granit tersebut.

Setelah mempelajari tentang bagaimana cara memasang granit pada meja dapur, kini kita juga harus mengetahui bagaimana cara merawat meja tersebut agar awet dan tetap tampak bersih. Ada banyak cara mengkilapkan lantai granit yang dapat Anda ikuti. Berikut adalah beberapa tips diantaranya.

1. Bersihkan setiap hari
Walaupun meja dan lantai yang terbuat dari granit tidak tampak kotor, membersihkannya setiap hari akan membuat lantai Anda tetap mengkilap. Bersihkan dengan lap yang halus dan kesat untuk membuat lantai bersih sempurna. Tambahkan cairan khusus pembersih granit agar lantai dapat bersih maksimal. Membersihkan granit setiap hari juga akan mempermudah Anda dan membuat Anda tidak terlalu lelah karena tidak banyak noda membandel yang harus Anda bersihkan pada meja granit.

2. Gunakan alat yang lembut
Pemilihan alat pembersih sangat penting untuk dilakukan. Untuk membersihkan lantai granit, hindari alat pembersih yang kasar atau yang dapat menggores lantai. Gunakan pembersih kain yang lembut dan halus.

3. Perhatikan sabun atau cairan pembersih yang Anda gunakan
Cairan pembersih yang salah justru akan membuat lantai dan meja granit menjadi kusam. Adapun bahan yang tepat dan mudah kita temukan sehari-hari yang dapat digunakan untuk membersihkan meja granit diantaranya adalah sabun cuci piring dan larutan baking soda.

4. Pemolesan
Granit akan kembali mengkilap jika dilakukan pemolesan. Pemolesan dapat dilakukan secara berkala tiap beberapa waktu tertentu. Melakukan pemolesan akan membuat granit Anda tampak kembali baru dan mengkilap. Pemolesan juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda yang tidak dapat kita bersihkan sendiri.

Nah, lengkap sudah ulasan kita mengenai meja granit. Tidak hanya bagaimana cara memasangnya saja, tetapi juga bagaimana cara menjaganya agar tetap mengkilap. Hal ini tentunya menjadi salah satu hal yang menarik untuk diketahui terutama bagi Anda yang berencana memasang meja granit. Semoga ulasan kali ini dapat membantu Anda dalam memasang meja granit dan melakukan perawatan meja granit milik Anda nantinya.

1 comment for "Cara Membuat Meja Dapur Granit dan Merawatnya"